Hindari 4 Makanan Pemicu Dada Panas Karena Asam Lambung


DokterSehat.Com– Pernah merasakan panas di area dada? Hati-hati, boleh jadi itu gejala GERD. GERD atau gastroesofagus refluks adalah salah satu penyakit yang cukup sering dialami banyak orang. Adapun gejala yang sering dialami adalah rasa panas pada dada.  Kondisi ini bisa fatal. Namun, dengan pemilihan bahan makanan yang tepat, GERD bisa diatasi.
Kenali Gejala GERD
Menurut American Society for Gastrointestinal Endoscopy, GERD adalah kondisi dimana cairan lambung mengalami refluks atau naik ke esofagus, hal inilah yang menyebabkan rasa panas di dada (heartburn).

Faktor Penyebab GERD

Beberapa penyebab utama terjadinya GERD adalah pola hidup yang kurang tepat seperti langsung tidur setelah makan atau merokok, serta mengonsumsi makanan yang bisa memicu timbulnya GERD.

Hindari Makanan Pemicu GERD

Untuk mengatasi hal tersebut pemilihan makanan harus dilakukan dengan tepat. Hal ini akan mendukung GERD diobati dengan tepat dan mencegah GERD muncul kembali.
Berdasarkan buku Nutritional Clinical in Practice, beberapa makanan yang harus dihindari untuk dapat mengatasi GERD adalah:
1.Makanan berbumbu tajam
 Beberapa makanan yang berbumbu tajam misalnya, bawang merah, bawang putih, penyedap rasa kemasan, makanan berbumbu tomat, misalnya bumbu saus spageti dapat memperparah kondisi GERD.
2. Menghindari makanan pemicu GERD
 Beberapa makanan pemicu GERD yang sering tak kita sadari adalah jus yang asam, misalnya jus jeruk atau jus tomat, cokelat dan permen mint atau olahan daun mint. Makanan ini akan meningkatkan produksi asam lambung dan berisiko menyebabkan GERD.
3. Minuman yang mengandung kafein
 Kafein dapat meningkatkan refluks pada lambung, sehingga hindari konsumsi kopi, minuman ber energi, minuman cokelat dan teh agar GERD tidak timbul.
4. Tidak mengonsumsi alkohol
 Alkohol akan meningkatkan asam lambung, konsumsi alkohol saat perut kosong menyebabkan GERD terjadi.
Selain dari makanan, beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi GERD adalah berhenti merokok, tidak berbaring setelah makan dan tidur dengan bagian atas tubuh ditinggikan hingga 15-20 cm.
Jadi, manfaat dari pemilihan makanan tersebut bisa kita rasakan dengan maksimal. Faktor merokok, pola dan posisi tidur juga bisa mendukung GERD bisa ditangani  dengan tepat ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Daun-Daunan dan Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Kolesterol

10 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Dampak Minuman Bersoda Bagi Ginjal